Tips Mencuci Mobil yang Benar Agar Kualitas Cat Terjaga

Tips Mencuci Mobil yang Benar Agar Kualitas Cat Terjaga – Saat ini ada banyak tempat cuci mobil di sekitar rumah atau area kerja. Anda yang memiliki mobil pasti akan memperhatikan faktor mesin dan juga memperhatikan kebersihan body mobil.

Apalagi saat body mobil kotor dan perlu dibersihkan. Jika ada waktu luang Anda bisa mencuci mobil sendiri. Namun tidak semua orang tahu dan faham bagaimana membersihkan mobil dengan cara yang tepat.

Jika caranya salah, bisa jadi cat mobil Anda akan mudah rusak atau bahkan memudar. Di bawah ini beberapa cara mencuci mobil yang benar dan aman untuk menjaga cat mobil tetap kinclong dan awet.

Gunakan Alat yang Khusus

Biasanya jika mencuci mobil sendiri Anda pasti akan menggunakan alat seadanya seperti kanebo, spons atau pun hanya kemoceng. Padahal sebenarnya alat tersebut kurang tepat untuk digunakan mencuci mobil. Sebaiknya, gunakan peralatan khusus untuk mencuci mobil.

Gunakan serat mikro, sarung tangan untuk proses mencuci dan handuk berbulu untuk mengeringkan. Penggunaan kanebo dan spons busa biasanya kurang efektif. Pada akhirnya hanya akan membuat cat mobil memudar.

Bersihkan Seluruh Area Mobil Sebelum Mencucinya

Sebelum mencuci mobil, pastikan seluruh area mobil sudah bersih terlebih dahulu.  Pertama-tama Anda bisa membersihkan dahulu bagian bawah mobil (seperti kolong, roda dan termasuk velg) ketimbang body mobil menggunakan air tanpa sampo.

Mencuci mobil yang benar terutama bagian bawah, ialah menghindari memercikkan air ke body mobil. Adanya percikan air bisa menyebabkan tumbuhnya bintik-bintik air atau biasa disebut jamur.

Apalagi jika mencucinya di bawah sinar matahari langsung. Air akan cepat mengering kemudian menjadi jamur. Jamur ini terbilang cukup sulit dibersihkan jika sudah muncul pada mobil.

Jika sudah selesai bersihkan juga bagian atas atau body mobil menggunakan air tanpa sampo seperti membersihkan bagian bawah mobil. Terlebih dahulu buang kotoran-debu terlebih dahulu menggunakan serat mikro / micro fiber atau vakum khusus.

Cara ini merupakan cara mencuci mobil yang benar dan efektif. Karena dengan cara itu kotoran pada mobil akan benar-benar hilang tanpa bekas.

Semprotkan Air Dengan Benar

Di rumah Anda mungkin menyediakan selang dengan semprotannya khusus mencuci mobil. Pada saat menggunakan air bertekanan tinggi, miringkan semprotan air ke arah samping kanan atau kiri.

Jangan menyemprotkan air secara horizontal (semprotan langsung diarahkan ke depan tanpa dimiringkan). Sebaiknya arahkan dari atas ke bawah. Hal itu dilakukan agar kotoran langsung jatuh.

Mencuci mobil yang benar harus menggunakan sampo khusus mobil. Sampo tersebut digunakan setelah semua area mobil di semprot dengan air tadi.

Hindari menggunakan bahan pembersih dengan kadar deterjen tinggi seperti yang untuk mencuci piring. Body mobil dengan lapisan cat dan perlindungannya cukup berbeda dengan piring. Jika menggunakan bahan tersebut otomatis akan merusak permukaan mobil.

Jangan Menggunakan Sembarang Lap

Jika sudah selesai mencuci mobil maka keringkan mobil Anda. Gunakan handuk yang berbulu. Sebaiknya jangan gunakan kanebo karena akan menyebabkan goresan.

Hal tersebut dikarenakan kanebo terbuat dari bahan yang cukup kasar. Kanebo bisa Anda gunakan hanya untuk kaca mobilnya saja karena permukaannya berbeda dengan body mobil.

Handuk bulu lebih lembut namun bisa membersihkan permukaan mobil. Dan yang paling penting penggunaan handuk tidak akan membuat warna cat memudar.

Itulah tips dari harga mitsubishi pajero sport surabaya mencuci mobil yang benar perlu dilakukan agar bisa menjaga kualitas mobil terutama catnya. Cat pada permukaan mobil merupakan hal yang pertama kali terlihat oleh Anda dan orang lain. Jadi jika permukaannya rusak maka penampilan mobil Anda akan sedikit terganggu.

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*