Susu Formula Sebagai Pilihan Pengganti Asi

Susu formula sebagai pilihan pengganti ASI bagi ibu yang tak mampu memberikan ASI eksklusif untuk si kecil. Setiap ibu yang sudah menanti kehadiran buah hatinya pastinya juga menantikan momen-momen kedekatan bersama si buah hati melalui momen menyusui. Dari dulu hingga masa kini, metode menyusui sudah sangat berkembang, tak hanya menyusui secara langsung, pemerasan ASI yang disimpan dalam lemari es kini banyak dipilih ibu yang harus bekerja selain meyandang peran seorang ibu.

Sayangnya, banyak ibu yang kurang beruntung untuk memberikan ASI eksklusif kepada sang buah hati tanpa mengurangi sedikitpun kasih sayang pada bayi, baik tak mampu memproduksi ASI, wanita karir yang sibuk atau produksi ASI yang tidak optimal menjadikannya alasan tak mampu memberikan ASI eksklusif. Susu formula pun menjadi alternatif para ibu yang tak mampu memberikan ASI eksklusif ataupun sekedar pendamping ASI agar si buah hati mendapatkan gizi yang cukup.

Namun, patut diperhatikan kandungannya diantaranya yang harus diperhatikan ialah kandungan laktosanya, karena bayi di bawah 1 tahun kebanyakan memiliki alergi terhadap laktosa berlebih atau bahkan sama sekali tidak mampu menerima asupan laktosa (lactose intolerant). Selain itu, pemilihan susu formula harus tepat dengan usia bayi.

Karena, kadar nutrisinya pun disesuaikan dengan kemampuan metabolisme bayi. Hal ini akan malah membuat metabolisme dan tumbuh kembang bayi akan terhambat apabila tidak sesuai dalam pemilihinnya.

Produsen susu formula menawarkan berbagai penawaran menarik dan menjanjikan bagi sang buah hati, hal ini membuat tugas para ibu semakin banyak untuk mengkaji jenis-jenis susu yang tepat, namun artikel-artikel yang banyak tak cukup menjanjikan untuk digunakan sebagai acuan mengingat kondisi setiap bayi yang memiliki sistem pencernaan dan kekebalan tubuh yang berbeda. Untuk memudahkan ibu dalam menentukan pilihan susu formula, berikut merupakan rekomendasi merk susu formula yang berkualitas baik bagi pertumbuhan si kecil.

Nutricia Bebelove

Beberapa artikel membahas merk susu ini karena selain kandungannya yang kaya akan nutrisi untuk tumbuh kembang bayi, susu ini juga memiliki kandungan galakto oligosakarida dan frukto oligosakarida yang mampu menangkal pertumbuhan bakteri patogen pada usus bayi karena sistem pencernaan bayi yang sensitif ditumbuhi bakteri penyebab penyakit. Dengan kandungan kalsium yang cukup, bayi akan bertumbuh dengan baik dengan tulang yang kuat, dan walaupun tanpa penggunaan gula, merk ini memiliki rasa yang durih dan nikmat sehingga rasanya akan disukai bayi.

Nutribaby Royal

Merk susu dengan klaim memiliki formula Acti Duobio ini mampu meningkatkan daya tahn tubuh bayi yang masih rentan terkena penyakit. Selain itu, Nutribaby Royal mengklaim teksturnya sangat menyerupai ASI sehingga sangat cocok dan mudsh dicerna oleh sistem pencernaan bayi yang masih sangat sederhana. Tingginya vitamin dan mineral mampu mencukupi kebutuhan asupan harian si kecil.

Nestle Lactogen 1 Gold

Merk susu dari Nestle Grup ini dijamin aman untuk bayi meskipun baru dinyatakan aman oleh BPOM pada tahun 2011. Dengan kandungan yang lengkap yaitu probiotik, prebiotik, vitamin, dan mineral mampu memenuhi kebutuhan si kecil setiap harinya. Susu yang kemasannya yang tersedia dalam beberapa ukuran ini cocok untuk terdaftar di list merk susu sebagai pengganti ASI si buah hati.

Enfamil A+ Gentle Care

Bagi para bunda yang khawatir dengan pilihan susu yang tidak aman bagi pencernaan sang buah hati, Enfamil A+ Gentle Care dengan sistem PHP (Partially Hydrolyzed Protein) ini dianggap aman untuk pencernaan bayi 0-6 bulan

Uncategorized

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*